Encok adalah salah satu jenis radang sendi yang diakibatkan penumpukan kristal asam urat di dalam jaringan ikat dan menyebabkan nyeri hebat, pembengkakan, dan kekakuan pada area sendi. Encok pada umumnya mempengaruhi sendi di jempol kaki.

Asam urat seharusnya terlarut didalam darah lalu melewati ginjal dan akhirnya dikeluarkan melalui urin. Apabila produksi asam urat di dalam tubuh terjadu peningkatan dan ginjal tidak cukup menghilangkan asam urat, kondisi inilah yang memicu terjadinya hyperuricemia (meningkatnya kadar asam urat dalam darah)

Penyebab Encok

  1. Mengkonsumsi obat tertentu, misal obat diuretik, salisilat, levodopa, atau cyclosporine
  2. Suka mengkonsumsi alkohol yang menyebabkan terganggunya perjalanan asam urat keluar dari tubuh
  3. Gangguan pada salah satu jenis enzim yang berfungsi membantu pemecahan senyawa purin dalam makanan yang mengandung purin, misalnya ikan, ayam, sayur brokoli, atau jamur
  4. Berat badan berlebihan, kadar insulin didalam tubuh akan meningkat akibatnya terjadi gangguan dalam pengeluaran asam urat.

Mengatasi Encok

  1. Minumlah banyak cairan terutama air putih, karena dapat membantu mengurangi asam urat berlebih dari tubuh Anda
  2. Hindarilah beberapa jenis makanan yang mengandung banyak purin, seperti telur, kacang-kacangan, jamur, ikan, daging, bayam, atau brokoli
  3. Selalu menjaga berat badan Anda dengan berolahraga
  4. Cobalah balurkan minyak SW Sumber Waras diarea tubuh yang sakit karena encok. Di dalam komposisi minyak SW Sumber Waras terdapat salah satu jenis tanaman herbal yaitu Sidaguri. Dalam artikel ilmiah yang ditulis oleh Syafrullah (2015), menyatakan bahwa senyawa flavonoid yang terkandung dari ekstrak daun sidaguri (Sida rhombifolia L) secara in vitro memiliki efek inhibitor xanthine oksidase (XO) sehingga dapat mengurangi produksi asam urat yang berlebih.
  5. Berkonsultasi dengan dokter dengan kondisi penyakit encok Anda, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan