Gondongan merupakan jenis penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi Virus paramyxovirus pada kelenjar liur di dalam mulut (kelenjar parotis). Virus ini akan menyebar melalui proses droplet, yaitu percikan air liur dan lendir yang keluar dari mulut dan hidung penderitanya. Virus yang masuk kedalam tubuh lalu akan menetap, berkembang biak, dan menyebabkan peradangan serta pembengkakan yang menyakitkan pada kelenjar ludah. Waktu terpapar virus sampai sakit (masa inkubasi) sekitar 12-24 hari.

 

Paramyxovirus peyebab gondongan

https://www.researchgate.net/figure/Schematic-diagram-of-a-Paramyxovirus-N-nucleocapsid-protein-P-phosphoprotein-L_fig3_328630941

 

Sebagian besar penyakit ini menyerang anak-anak berusia 2-15 tahun. Gondongan juga bisa menyerang orang dewasa, dan gejalanya bisa lebih parah. Penyebaran virus gondong juga dapat terjadi secara tidak langsung, yaitu melalui perantara. Misalnya, Anda menggunakan peralatan makan yang sama dengan yang digunakan oleh pasien penderita gondongan.

Ilustrasi gondongan

https://parenting.firstcry.com/articles/mumps-in-children/

Penyebaran virus gondongan

  • Saat seseorang batuk, bersin dan berbicara, lendir akan terpecik lalu terhirup
  • Menyentuh benda di sekitar pasien, lalu menyentuh hidung dan mulutnya tanpa mencuci tangan
  • Kontak langsung dengan pasien, seperti berciuman
  • Berbagi peralatan makan dengan pasien

Pencegahan Gondongan

Gondongan dapat dicegah dengan memvaksinasi anak-anak dengan vaksin MMR. Anak-anak dapat divaksinasi pada usia 12-18 bulan dan harus diulang pada usia 6 tahun. Pada saat yang sama, orang dewasa yang belum divaksinasi sejak masa kanak-kanak dapat mengambil tindakan pencegahan dengan menjaga tangan tetap bersih, tidak berbagi perlengkapan mandi atau makanan dengan orang lain, dan memakai masker.

Selain vaksin, Anda juga bisa mencegah penyakit gondongan dengan menerapkan pola hidup sehat. Misalnya kurangi konsumsi makanan tinggi garam dan tinggi gula, hindari gorengan dan santan, olahraga teratur dan istirahat yang cukup.

Bagi penderita gondongan, sebaiknya tidak beraktivitas di luar rumah. Karena penyakit ini dapat dengan mudah menyebar ke orang lain, terutama beberapa hari pertama sebelum kelenjar parotis membengkak hingga beberapa hari berikutnya.