Penting:
Para ahli kesehatan masih tetap menyarankan untuk tetap berada di rumah dan tidak bepergian jika tidak ada kepentingan yang sangat mendesak untuk membantu melandaikan kurva penyebaran COVID-19.

Angka kasus COVID-19 di Indonesia masih sangat tinggi dan hingga saat ini belum menunjukkan adanya tanda-tanda penurunan. Karena itu para ahli kesehatan masih sangat menyarankan untuk tetap berada di rumah dan tidak bepergian guna menghindari risiko tertular maupun menulari.

Namun apabila kondisi memaksa Anda untuk bepergian sebaiknya gunakan kendaraan pribadi agar dapat meminimalkan interaksi dan menjaga jarak dengan orang lain.

Berikut beberapa tips yang mungkin bisa Anda terapkan saat bepergian menggunakan mobil pribadi di tengah pandemi.

Cek kondisi dan regulasi tiap daerah sebelum memutuskan untuk berangkat

Suatu daerah mungkin memiliki jumlah kasus yang jauh lebih tinggi dari daerah lainnya hingga harus mengeluarkan kebijakan membatasi lalu-lintas orang keluar/masuk daerah tersebut. Karena itu pastikan daerah yang akan Anda kunjungi tidak sedang menerapkan pembatasan tersebut.

Jangan semobil dengan orang yang tidak tinggal serumah

Virus corona bisa saja sudah berada dalam tubuh tanpa menimbulkan gejala dan tanpa sadar dapat menular melalui udara di dalam ruangan tertutup. Karena itu hindari bepergian dengan mobil dengan orang lain yang tidak tinggal serumah dengan Anda.

Jaga kondisi selama perjalanan

Imunitas adalah kunci pertahanan tubuh melawan virus. Untuk itu jaga kondisi agar tidak kelelahan dan menyebabkan menurunnya imunitas tubuh. Jangan memaksakan diri untuk bepergian jauh saat kondisi tubuh sedang tidak sehat.

Bawa bekal dari rumah

Bekal makanan dan minuman dari rumah adalah pilihan paling aman bagi Anda. Kalaupun harus membeli makanan dalam perjalanan, pastikan Anda memilih penjual yang menerapkan protokol kesehatan dengan benar.

Selalu patuhi protokol kesehatan

Menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, selalu mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, dan menghindari menyentuh wajah adalah protokol standar yang sudah menjadi kesepakatan para ahli kesehatan di seluruh dunia untuk meminimalkan risiko tertular virus corona. Selalui patuhi protokol ini saat berada di luar kendaraan seperti saat mengisi bensin. Pastikan sudah mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer sebelum masuk kembali ke mobil.

Gunakan car humidifier untuk menjaga kualitas udara tetap baik

Baru-baru ini WHO menyatakan bahwa virus corona dapat menyebar melalui udara. Virus corona dapat berada pada butiran aerosol halus yang melayang-layang di udara selama berjam-jam. Karena itu berada dalam satu ruangan tertutup dengan orang lain seperti yang sudah disebutkan di atas harus sangat dihindari.